Minggu, 26 Februari 2012

pengaruh massage






 

DAFTAR ISI
A.DEFENISI MASSAGE……………………………………………………………………………………………………….1
B.TUJUAN MASSAGE……………………………………………………………………………………………………………1
C.EFEK SPORT MASSAGE……………………………………………………………………………………………………1
D.SPORT MASSAGE UNTUK PRESTASI DAN PERTANDINGAN………………………….1
E. PENGARUH MASSAGE………………………………………………………………………………………………….3
F.Efek fisik dari massage………………………………………………………………………………………………….3
G.Efek fisiologis massage olahraga………………………………………………………………………………….5
H.Efek psikologis massage………………………………………………………………………………………………….5
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………………………………………….II








MASSAGE

A.  DEFINISI MASSAGE

Massage adalah suatu cara penyembuhan yang menggunakan gerakan tangan atau alat terhadap jarinagn tubuh yang lunak.
Gerakan tangan dalam massage di sebut MANIPULASI

B.  TUJUAN MASSAGE

Pada dasarnya massage bertujuan memperbaiki sirkulasi, membantu absorpsi (penyerapan), sekresi ( pengeluaran, serta memperlancar distribusi energi dan nutrisi ke dalam jaringan, selain itu massage dapat memperbaiki tonus otot dan fungsi syaraf.

    C.EFEK SPORT MASSAGE

Sport massage merupakan teknik memijat / melulut dengan tangan (manipulasi) pada bagian tubuh yang lunak dengan prosedur manual ataupun mekanik yang dilaksanakan secara metodik dan ritmis dengan tujuan untuk menghasilkan efek-efek fisiologis , profilaktik dan terapeutik / pengobatan pada tubuh. Sport massage adalah jenis pijat yang umumnya diberikan sebelum, selama, dan setelah kegiatan olahraga untuk membantu menyiapkan atlet dalam menghadapi pertandingan , untuk relaksasi otot dan mencegah cedera.

D.SPORT MASSAGE UNTUK PRESTASI DAN PERTANDINGAN
Perlakuan sport massage untuk prestasi dan pertandingan perlakuannya akan berbeda dengan perlakuan pasien. Karena tingkat kebugaran olahragawan ini lebih tinggi dibandingkan dengan pasien maka manipulasi yang diberikan akan lebih keras dan lebih cepat.

A.Sport massage pra competition
Sport massage yang dilakukan sebelum masa pertandingan dan sebagai massage persiapan pertandingan. Maksudnya untuk meningkatkan derajat suhu tubuh dan mempersiapkan otot-otot dan persendian atau pemanasan /warming-up.Manipulasi yang diberikan adalah friction yang kuat, petrisage , vibration dan shaking yang kuat.
B.Sport massage in competition/during competititon
Selama masa pertandingan sport massage ini diberikan misalnya saat jeda tanding, saat mengalami gangguan otot atau sendi misalnya kram otot.
Tujuannnya untuk tetap mengaktifkan sistem sirkulasi darah dan oksigenasi dan menghilangkan tumpukan asam laktat. Manipulasi yang diberikan adalah shaking kuat, tapotament kuat dan shaking kuat.
C.Sport massage post competition
Sport massage ini diberikan setelah melakukan masa pertandingan dengan maksud untuk merelaksasi otot dan persendian yang telah bekerja keras. Manipulasi yang diberikan adalah general sport massage /massage seluruh tubuh.
Efek dari pijat olahraga adalah:
  1. Sport massage membantu dalam menghilangkan tumpukan asam laktat.
  2. Sport massage membantu otot untuk mengambil oksigen dan gizi yang lebih cepat sehingga mempercepat penyembuhan
  3. Sport massage untuk melepaskan ketegangan atau stres otot yang disebabkan karena kelebihan aktivitas fisik
  4. Sport massage membantu membongkar jaringan parut yang biasanya berpengaruh pada otot, tendons and ligament yang merusak kinerja.
  5. Sport massage membantu meningkatkan elastisitas dari jaringan.

E. PENGARUH MASSAGE
Efek massage terhadap jaringan bersipat mekanis, reflektoris dam khemis.
A. Efek mekanis : Dengan teknik menekan dan mendorong secara bergantian menyebabkan terjadinya pengosongan dan pengisian pembuluh vena dan lymph, sehingga membantu memperlancar sirkulasi, membantu sekresi, dan pemberian nutrisi kedalam jaringan.

B. Efek Reflektoris : Massage menimbulkan pacuan terhadap syaraf, peredaran darah yang menimbulkan proses vasso kontriksi yang diikuti dengan vasso dilatasi lokal sehingga memperlancar peredaran darah. Selain itu syaraf motorik yang terangsang meningkatkan tonus otot.

C. Efek Khemis : Massage menyebabkan terbebasnya suatu zat sejenis histamin yang memberi efek dilatasi terhadap pembuluh darah kapiler.
D.Efek fisiologis massage sport adalah:
  1. Massage sport membantu mengurangi rasa sakit.
  2. Massage sport membatu relaksasi otot
E.Efek psikologis massage sport termasuk:
  1. Mengurangi tingkat stress, karena otot dan syaraf menjadi relaksasi
  2. Merangsang rasa senang dan nyaman.
F.Efek fisik dari massage
v  Pumping
Gerakan membelai (stroking) dalam massage akan mengisap cairan melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Dengan meningkatkan tekanan di depan pada teknik stroke, vakum (pengosongan) dibuat di belakang. Hal ini terutama penting dalam ketegangan atau kerusakan jaringan otot sebagaimana otot kencang akan menekan darah keluar seperti spons, menghilangkan jaringan nutrisi vital dan energi untuk perbaikan.
v  Peningkatan permeabilitas jaringan
Deep massage menyebabkan pori-pori di membran jaringan terbuka, memungkinkan cairan dan nutrisi untuk melewatinya. Ini membantu menghilangkan produk-produk limbah seperti asam laktat dan mendorong otot untuk mengambil oksigen dan nutrisi yang membantu mereka pulih lebih cepat.
v  Peregangan
Massage dapat meregangkan jaringan yang tidak dapat meregang dalam metode biasa. Kumpulan serat otot dapat teregang secara memanjang serta menyamping. Massage juga dapat meregangkan selubung atau fasia yang mengelilingi otot, sehingga melepaskan ketegangan.
v  Menguraikan jaringan parut
Jaringan parut adalah hasil dari cedera atau trauma sebelumnya dan dapat mempengaruhi otot, tendon dan ligamen. Hal ini dapat mengakibatkan jaringan menjadi tidak fleksibel sehingga rentan terhadap cedera dan rasa sakit.
v  Meningkatkan elastisitas jaringan
Pelatihan yang keras dapat membuat jaringan keras dan tidak elastis. Ini adalah salah satu alasan mengapa pelatihan yang keras mungkin tidak menghasilkan perbaikan. Massage dapat membantu mengembalikannya dengan cara meregangkan jaringannya.
v  Membuka mikro-sirkulasi
Massage dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan, begitu pula latihan. Massage juga dapat membuka atau melebarkan pembuluh darah dan peregangannya yang memungkinkan nutrisi ini lewat lebih mudah.
G.Efek fisiologis massage olahraga
v  Pengurangan Nyeri
Ketegangan dan produk-produk sisa metabolisme pada otot dapat menimbulkan rasa nyeri. Massage membantu mengurangi ini dalam banyak cara, termasuk tubuh melepaskan endorfin.
v  Relaksasi
Relaksasi otot melalui panas yang dihasilkan, sirkulasi dan peregangan. Mechanoreceptors memberikan sensasi sentuhan, tekanan, pemanjangan dan penghangatan jaringan yang dirangsang yang menyebabkan refleks relaksasi.
H.Efek psikologis massage
v  Mengurangi kegelisahan
Melalui efek yang disebutkan di atas diinduksi dan relaksasi sehingga mengurangi tingkat kecemasan.
v  Menyegarkan
Jika pijatan dilakukan dengan gerakan cepat seperti apa yang akan dilakukan sebelumnya maka hal ini dapat menghasilkan perasaan yang menyegarkan.







DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar