Minggu, 26 Februari 2012

pengertian outbond


                                                          NAMA                   : DEDY PRADIPTA
                                                          NIM                      : 6101112027
                                                          MATA KULIAH     : OLAHRAGA REKREASI
PENGERTIAN OUTBOND
Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Alam Indonesia yang kaya menyediakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis digali. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.
Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.
Kegiatan outbound sendiri bertujuan menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung serta memotivasi dalam sebuah kelompok. Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Yang diterjemahkan melalui experiential learning yang akan memberikan pengalaman langsung kepada peserta pelatihan dengan simulasi permainan. Peserta langsung merasakan sukses dan gagal dalam pelaksanaan tugas.
Sisi menarik dari metode pembelajaran outbound adalah permainan sebagai bentuk penyampaiannya. Dalam permainan skill, individu tidak hanya ditantang berpikir cerdas namun juga memiliki kepekaan sosial. Dalam outbound peserta akan lebih banyak dituntut mengembangkan kemampuan ESQ (emotional and spiritual quotient) nya, disamping IQ (intellegent quotient). Metode outbound training memungkinkan peserta dalam aktivitasnya melakukan sentuhan-sentuhan fisik dengan latar alam yang terbuka sehingga diharapkan melahirkan kemampuan dan watak serta visi kepemimpinan yang mengandung nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, toleransi, kepekaan yang mendalam, kecerdasan serta rasa kebersamaan dalam membangun hubungan antar manusia yang serasi dan dinamis.
DEFINISI OUTBOUND
Definisi outbound ditinjau dari fungsinya sebagai sarana pelatihan/pendidikan, secara garis besar dibagi  ke dalam dua definisi, yaitu :

  • Definisi Psikososial (Psychosocial),
    Berhubungan dengan fungsi kegiatan outbound sebagai sarana pembelajaran mengenai hubungan antar manusia (relationship),  pembentukan karakter dan kerja sama team (team building). 
  • Definisi Lingkungan Hidup (Environmental),
    Erat kaitanya dengan proses pembelajaran hubungan manusia dan alam sekitar.
DEFINISI PSIKOSOSIAL
Definisi outbound  ditinjau dari sudut pandang psikososial  adalah : Suatau proses pembelajaran  yang berlangsung di alam terbuka, dengan cakupan materi meliputi pendidikan lingkugan hidup seperti konservasi, pelatihan  mengenai petualangan, terapi dan rekreasi di alam terbuka.
Seringkali melibatkan kelompok kecil yang secara aktif berperan serta dalam kegiatan petualangan untuk mengembangkan kepribadian mereka di bawah arahan instruktur atau pemimpin group tersebut.Kelompok-kelompok kecil dalam kegiatan outbound berpartisipasi dalam aktivitas  petualangan di alam terbuka yang terorganisir dan secara mendasar menjadikan diri mereka sendiri sebagai sumber daya untuk mengatasi masalah.
Tema yang biasa diusung adalah penekanan terhadap pengalaman yang langsung dirasakan pada saat melakukan kegiatan outdoor, baik untuk tujuan  individu, sosial, pendidikan, terapi dan lingkungan hidup. 
DEFINISI  ENVIROMENTAL

Metode yang mengharuskan seseorang dengan segala indera yang dimilikinya, mengalami proses pembelajaran dengan melakukan (learning by doing) dan semua itu dilakukan di alam terbuka. Dalam pendidikan outdoor, penekanan proses belajar adalah  hubungan antara manusia dan alam.

Pengertian Olahraga Rekreasi
1.     Menurut Kusnadi (2002:4) Pengertian Olahraga Rekreasi adalah olahraga yang dilakukan untuk tujuan rekreasi.
2.    Menurut Haryono (19978:10) Olahraga rekreasi adalah kegiatan fisik yang dilakukan pada waktu senggang berdsarkan keingginan atau kehendak yang timbul karena memberi kepuasan atau kesenangan.
3.    Menurut Nurlan Kusmaedi (2002:4) olahraga rekreasi adalah kegiatan olahraga yang ditujukan untuk rekreasi atau wisata.
4.    Menurut Aip Syaifuddin (Belajar aktif Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SMP, Jakarta, Grasindo.1990) Olahraga rekreasi adalah jenis kegiatan olahraga yang dilakukan pada waktu senggang atau waktu-waktu luang.
5.    Rekreasi olahraga suatu kegiatan yang menyenangkan yang mengandung unsur gerak positif.
6.    Rekreasi Olahraga adalah aktivitas indoor maupun outdoor yang didominasi unsur-unsur olahraga (gerak) sehingga dapat menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar